Ada Kesamaan Visi, MES-APSI Resmi Jalin Kerjasama

MOU MES APSIJakarta.- Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) memiliki kesamaan visi dalam memajukan ekonomi syariah di Indonesia. Oleh karenanya sudah sewajarnya MES dan APSI menjalin kerjasama. Untuk mewujudkan hal tersebut telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara MES dan APSI (29/11) yang dilakukan di Menara BTN Jakarta dimana dari MES diwakili oleh Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Prof. H. Muliaman D. Hadad, Ph.D dan dari APSI diwakili oleh Ketua Umum DPP APSI, Drs Afdal Zikri, SH, MH, CM.

Dalam MoU tersebut disepakati secara bersama dan bersinergi untuk pertama, memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang ekonomi syariah baik secara umum maupun secara khusus pada aspek hukum ekonomi syariah. Kedua,mengembangkan strategi, pembinaan serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia pada pelaku hukum ekonomi syariah, serta ruanglingkup lain yang tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan dari MoU tersebut.

MoU antara MES dilakukan disela-sela Musyawarah Nasional ke-IV MES di Gedung Menara BTN yang dihadiri oleh Sekjen Kementerian Agama, Prof. Dr Nur Syam, Direksi BTN, Direksi Bank-bank Syariah serta ratusan undangan, termasuk pengurus MES dan APSI.

Wakil Ketua Umum DPP APSI yang sejak awal menginisiasi kerjasama ini menyatakan bahwa MoU ini akan sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak terutama untuk mewujudkan kesadaran hukum dalam penyelesaian sengketa pada industri keuangan syariah di Indonesia. “ke depan MES dan APSI akan memperkuat lembaga mediasi yang telah ada sebagai wadah utama dalam penyelesaian sengketa ekonomi syariah pada lembaga-lembaga keuangan syariah di Indonesia” ujar Advokat yang juga pengurus Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) ini.

About admin