Gandeng APSI, UIN Jakarta selenggarakan Diklat Profesi Advokat

PEMBUKAAN-min

Dr Afdal Zikri, SH, MH, CM

Jakarta (Sabtu, 6/5). Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) bekerjasama dengan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP APSI). Kegiatan tersebut dimulai sejak 22 April hingga 7 Mei 2017 di Gedung Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syahid Ciputat, Jakarta. Diklat Profesi Advokat ini merupakan model pendidikan APSI sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari prosedur atau tahap seseorang akan diangkat menjadi seorang Advokat, sebagaimana perintah Undang Undang RI No.18 tahun 2003 tentang Advokat, oleh karenanya Diklat Profesi Advokat ini merupakan hal yang sangat vital, tanpa Diklat Profesi Advokat ini maka dapat dipastikan tidak akan menjadi Advokat. Demikian disampaikan oleh Ketua Umum DPP APSI, Drs Afdal Zikri, SH, MH, CM, dalam sambutannya saat membuka Diklat Profesi Advokat (22/4). Hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan Dekanat Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syahid Jakarta beserta staf, hadir pula Sekretaris Umum DPP APSI, Irfan Fahmi, SHI, MH, CM.

Menurut Irfan, diselenggarakannya PPPA ini tak lepas dari peran para alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syahid, karena mayoritas pengurus DPP APSI adalah alumni UIN Syahid, sehingga sudah sepantasnyalah UIN Syahid bekerjasama dengan APSI, meskipun menurut Mantan Ketua DPW APSI DKI ini, hal ini agak sedikit terlambat jika dibandingkan dengan UIN Jogja dan UIN Surabaya yang sudah beberapa angkatan menyelenggarakan PPPA ini. “..Namun demikian, saya bersyukur pada akhirnya PPPA di Jakarta ini dapat dilaksanakan di Almamater saya, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah” ujar Irfan Fahmi.

Dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat ini menghadirkan sejumlah Advokat APSI senior yang mayoritas adalah alumni UIN Syahid diantaranya: Drs Afdal Zikri, SH, MH, CM; Irfan Fahmi, SHI, MH, CM; Muslih, S.Ag, MH, Nuzul Wibawa, S.Ag, MH, Ace Kurnia, S.Ag, MH., Badrul Munir, S.Ag, M.H, CLA, Andi Syafrani, SHI, MCCL, CM, CLA; Ridwan Dharmawan, SHI, MH, Syamsul Munir, SHI; disamping juga beberapa praktisi hukum lainnya seperti, Dr Yasardin (Sekretaris Pokja Mediasi MA/Calon Hakim Agung), Dr. Fauzan, SH (Hakim Agung Adhoc PHI), Dr. Yusuf Shofie, SH, MH, Thalis Noor Cahyadi, SHI, MH, MA, (DPP APSI), Dr. H. Sutrisno, S.Ag, SH, MH, CM (DPP APSI) dan sebagainya.

About admin