Gelar Semnas, FAI Unissula Hadirkan Waketum DPP APSI

apsi unissulaSemarang- Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung (FAI-UNISSULA) Semarang menggelar Seminar Nasional Kesyariahan bertajuk Peran Sarjana Hukum Islam dalam Dunia Hukum setelah PMA No.33 tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaaan di Kampus UNISSULA (28/10). Seminar Nasional tersebut menghadirkan Dr. Sutrisno, S.Ag, S.H., M.H, Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP-APSI) dan Dr. A. Khisni, S.H., M.H, Dosen Fakultas Hukum UNISSULA.

Dr Sutrisno dalam pemaparannya menyatakan bahwa pada tahun 2016 Menteri Agama telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (Permenag) Nomor 33 tahun 2016, yang mana terdapat perubahan gelar akademik, yang salah satunya merubah gelar Sarjana Hukum Islam (S.H.I) atau Sarjana Syariah (S.Sy) menjadi Sarjana Hukum (S.H). menurutnya Perubahan gelar ini merupakan perubahan kesekian kali bagi alumni Perguruan Tinggi dibawah Kementerian Agama. Sutrisno yang juga alumni Unissula ini menambahkan bahwa gelar akademik di Perguruan Tinggi Agama telah berkali-kali berubah mulai gelar Doctorandus/Doctoranda (Drs/Dra), tahun 1993 dirubah menjadi Sarjana Agama (S.Ag), tahun  2002 berubah menjadi Sarjana Hukum Islam (S.H.I), tahun 2009 dirubah lagi menjadi Sarjana Syariah (S.Sy) meskipun perubahan yang terakhir ini tidak semua PTKIN mematuhinya, seperti UIN Sunan Kalijaga dan UIN Malang tetap menggunakan gelar lama yakni SHI.

Dengan adanya PMA No.33 tahun 2016 dimana gelar SHI berubah menjadi SH, maka tentu berimplikasi pada perubahan kurikulum dan mindset para mahasiswa dimana sejak dini kampus harus mengarahkan kepada mahasiswa bahwa mereka adalah calon Sarjana Hukum yang sejajar dengan Sarjana Hukum lainnya bahkan memiliki nilai plus yakni nilai-nilai ilmu kesyari’ahan. “Mindset Kampus dan Mahasiswa Syariah harus berubah, baik dari sisi kurikulum maupun kemampuan-kemampuan praktis hukum, karena mereka akan bersaing lebih sengit dalam dunia hukum” ujar Doktor bidang Hukum Wakaf ini.

About admin