MoU DPP APSI-FASYA IAIN Surakarta, Jawab Tantangan Alumni

iain solo

Ketum APSI bersama Dekan Fasya IAIN Solo

Surakarta (11/3). Fakultas Syariah IAIN Surakarta resmi menjalin kerjasama dengan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP APSI). Hal ini ditandai dengan penandatanganan bersama Memorandum of Understanding (MoU) antara Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta, yakni Dr. Usman, S.Ag, M.Ag dengan Ketua Umum DPP APSI Drs Afdal Zikri, SH, MH, CM di Aula Kampus Fakultas Syariah IAIN Surakarta di kawasan Kartosuro, Solo, Jawa Tengah. MoU ini dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Profesi Advokat di Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta, Dr. Usman mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasamanya dengan DPP APSI, karena ini sekaligus menjawab kegelisahannya selama menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah. “Setiap tahun kami meluluskan ratusan alumni, akan tetapi, kemana mereka setelah lulus, mau jadi apa mereka?”. Alumni IAIN Yogyakarta ini menyatakan, menjadi beban bagi dirinya sebagai pimpinan manakala tidak bisa mempersiapkan wadah bagi para alumni untuk dapat berkarir secara profesional “Kehadiran APSI sebagai wadah profesi Advokat Syariah di kampus ini, telah menjawab kegelisahan saya, saya berharap kesempatan ini dimanfaatkan oleh para alumni Fakultas Syariah untuk dapat berkiprah sebagai Advokat”, ujar Doktor kelahiran Madura dan tinggal di Jogja ini.

Sementara itu Ketua Umum DPP APSI, Drs Afdal Zikri, SH, MH, CM mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Fakultas Syariah IAIN Surakarta atas berkenannya bekerjasama dengan DPP APSI. DPP APSI berharap dari kampus ini akan lahir para Advokat Syariah yang kompeten dan berintegritas. Oleh karenanya Afdal berharap segera dibuka Diklat Profesi Advokat di kampus Fakultas Syariah IAIN Surakarta agar dapat segera diikuti oleh para alumni Fakultas Syariah. “Jangan minder menjadi Advokat Syariah, Kita sama dengan para Advokat lain, bahkan kita memiliki banyak kelebihan dibandingkan yang lain.” Ujar kandidat Doktor UIN Bandung ini.

Selain acara penandatanganan MoU, juga digelar acara Dialog Keadvokatan dengan narasumber Yusuf Wibisono, S.Ag, M.Si, SHEL, Advokat Syariah yang juga alumni Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Dalam dialog tersebut, Yusuf memberikan motivasi bagi para mahasiswa agar tidak takut menjadi Advokat. Kandidat Doktor IUMM Malaysia ini menyatakan, bahwa Advokat adalah profesi yang mulia (officium nobile) karena mengandung nilai-nilai ta’awun yang luas bagi masyarakat pencari keadilan. Yusuf yang juga pengurus DPW APSI DIY ini berharap banyak alumni Fakultas Syariah IAIN Surakarta yang mengikuti jejaknya berkiprah dalam dunia advokat. Hadir dalam kesempatan tersebut Para Pimpinan Fakultas Syariah IAIN Surakarta, LBH-LBH di Surakarta dan Wakil Ketua Umum DPP APSI, Thalis Noor Cahyadi.

About admin