Pelatihan Paralegal Nasional, Fasya IAIN Salatiga Hadirkan Waketum DPP APSI

apsi salatigaSalatiga.- Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Paralegal Nasional bertema Peran Serta Paralegal dalam Pendampingan Realitas Hukum di Masyarakat di Kampus 3-IAIN Salatiga, Kota Salatiga (28/10). Hadir sebagai Pemateri adalah Thalis Noor Cahyadi, Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP-APSI), Agus Suprianto, Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) DPP APSI, M. Hasan dan Elwindi Febrian.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga, Dr Siti Zumrotun, M.Ag menyatakan bahwa Pelatihan ini sangatlah penting bagi kompetensi mahasiswa Fakultas Syariah, terlebih nantinya akan bermanfaat untuk memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa yang akan wisuda. “Setelah kegiatan ini Fakultas Syariah akan bekerjasama dengan DPP APSI untuk melakukan pelatihan sertifikasi kompetensi mahasiswa dan Pendidikan Profesi Advokat bagi alumni Fakultas Syariah IAIN Salatiga” ujar wanita yang mendapatkan Doktor bidang Studi Islam dari UIN Sunan Kalijaga ini.

Sementara Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), Syukron Makmun, M.Si, M.Pdi mengungkapkan terimakasih kepada DPP APSI yang telah bersedia memberikan materi dan berbagi pengalaman kepada para mahasiswa dalam Pelatihan Paralegal ini. “ Oleh karenanya berikutnya ia berharap ada kerjasama yang berkesinambungan antara FS IAIN Salatiga dengan DPP APSI dalam rangka memperkuat kemampuan mahasiswa dan alumninya untuk menekuni profesi di bidang hukum terutama profesi Advokat Syariah” ujar alumni UIN Sunan Kalijaga ini.

Dalam pelatihan Paralegal Nasional ini diikuti lebih dari seratus mahasiswa yang tidak saja berasal dari Fakultas Syariah IAIN Salatiga tetapi juga diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus di Jawa Tengah dan sekitarnya, dengan materi-materi advokasi, mediasi, teknik pendampingan pidana, perdata serta materi lainnya.

Menurut Waketum DPP APSI, Thalis Noor Cahyadi, DPP APSI menyambut baik adanya kegiatan ini dalam rangka regenerasi organisasi, yang mana akan melahirkan bibit baru Advokat Syariah dari kampus-kampus Islam. Ia menyambut baik rencana FS IAIN Salatiga untuk bekerjasama dengan DPP APSI “ tercatat sudah 23 Perguruan Tinggi yang telah bekerjasama dengan APSI untuk memberikan Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa serta Pendidikan Profesi Advokat” ujar Advokat alumni UIN Sunan Kalijaga ini.

About admin