Peringati Milad Ke-14, APSI Gelar Rakernas, Diklat Ekonomi Syariah dan Seminar Nasional

foto rakernas

Memperingati hari lahir Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) menyelenggarakan berbagai kegiatan. Peringatan Harlah APSI ke-14 kali ini dilaksanakan di Kota Yogyakarta dengan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Menyelenggarakan Pendidikan Kompetensi Ekonomi Syariah bagi Advokat Syariah, Seminar Nasional Bantuan Hukum. Kegiatan ini dimulai dengan Pengambilan Sumpah Advokat APSI oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta (Kamis, 23/2), sore harinya dilakukan  penandatanganan Nota kesepahaman antara DPP APSI dengan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pada pembukaan Rakernas APSI tersebut dihadiri oleh para Pendiri APSI, DPP APSI dan seluruh DPW dan DPC APSI se Indonesia. Ketua Umum DPP APSI Drs Afdal Zikri, SH, MH menyatakan bahwa APSI telah memasuki babak baru, semangat baru dan era baru untuk meneguhkan advokat syariah yang kompeten dan berintegritas. Oleh karenanya Afdal mengucapkan terimakasih kepada para senior, dan seluruh anggota APSI atas terlesenggaranya kegiatan Rakernas dan Milad APSI yang ke-14 ini, harapannya APSI mampu berkembang pesat dan mampu menjadi penggerak dalam penegakkan hukum di Indonesia secara kompeten dan berintegritas.

Sementara itu Ketua Dewan Kehormatan DPP APSI yang juga salah satu Deklarator APSI, Dr. Nurkhoirin MA, menyatakan kebanggaannya kepada APSI karena APSI telah mampu duduk sejajar dengan Organisasi Advokat lainnya bahkan mampu menjadi organisasi advokat yang progressif dengan nilai-nilai ajaran Islam. Khoirin berharap APSI disamping sebagai wadah penegakan hukum juga menjadi wadah dakwah Islamiyah. Oleh karenanya semua anggota APSI harus percaya diri menunjukkan identitasnya sebagai Advokat Syariah.
Dalam acara tersebut hadir pula Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Agus M. Nadjib, M.Ag, Wakil Dekan Dr. Sri Wahyuni SH, S.Ag, M.Ag, M.Hum, Ketua Prodi Pascasarjana FSH UIN Sunan Kalijaga Dr. Ahmad Bahiej, SH, M.Hum, Rektor Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Dr. Agus Pandoman, SH, M.Kn dan sejumlah undangan lainnya.
Disamping menggelar Rakernas, APSI juga menyelenggarakan Pendidikan dan Uji Kompetensi Kompetensi Advokat Ekonomi Syariah (Certified Sharia Economic Lawyer) (Jumat-Sabtu, 24-25/2) dengan Narasumber: Dr. Yasardin, SH, MH (Koordinator Pusdiklat Balitkumdil MA dan Sekretaris POKJA Ekonomi Syariah Mahkamah Agung), Rinto S, S.E, M.SI (Pengawas Kantor OJK DIY), Prof. Dr. Abdul Ghofur Ansori, SH, MH (Guru Besar UGM), Drs Agus Triyanta, MA, MH, Ph.D (Direktur Pascasarjana FH UII) dan Thalis Noor Cahyadi, SH, MA, MH (Wakil Ketua Umum DPP APSI).
Hari ketiga (Sabtu, 25/2) diselenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Reformulasi Bantuan Hukum TKI Korban Trafficking “ dengan Narasumber Deputi Perlindungan BNP2TKI Pusat.
Sebagaimana diketahui APSI lahir pada tanggal 8 Februari 2003 dan memiliki andil dalam perumusan Undang Undang No.18 tahun 2003 tentang Advokat, bahkan nama APSI tercantum jelas dalam Pasal 32 ayat (3). Eksistensi APSI diakui Undang Undang sehingga Sarjana Alumni Fakultas Syariah dapat berkiprah menjadi Advokat yang setara dengan Sarjana dari Fakultas Hukum. Kini APSI telah berusia 14 tahun dengan anggota yang telah mencapai 1000 lebih.

About admin