Perkuat Kompetensi Mahasiswa dan Alumni, Univ. Trunojoyo Gandeng APSI

THALIS NOOR CAHYADIBangkalan (30/9). Untuk memperkuat kompetensi mahasiswa dan alumni, Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Jawa Timur. Nota Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani Dekan FIK UTM, Dr Indien Winarwati, SH, MH dan Ketua DPW APSI Jawa Timur, M. Ichwan, S.Ag, S.H, CM disaksikan oleh Wakil Dekan FIK UTM, Kaprodi Hukum Bisnis Syariah dan juga hadir Wakil Ketua Umum DPP APSI, Thalis Noor Cahyadi dan Jajaran pengurus APSI Jawa Timur dan pengurus cabang APSI Bangkalan.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Indien selaku Dekan FIK UTM menyambut gembira kehadiran APSI di FIK UTM terutama bagi Program studi Hukum Bisnis Syariah. Menurutnya kerjasama ini penting dalam rangka menyiapkan kompetensi mahasiswa dan alumni di bidang praktisi hukum, profesi Advokat. “Hadirnya APSI ini tentu akan memberikan motivasi bagi para mahasiswa untuk menentukan masa depan pilihannya sebagai praktisi hukum sebagai Advokat” ujar ibu peraih doktor hukum dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga ini. Selain bekerjasama dengan APSI, FIK UTM juga menjalin kerjasama dengan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dalam rangka memperkenalkan profesi hakim agama bagi alumni program studi Hukum Bisnis Syariah.

Sementara Ketua DPW APSI Jawa Timur mengungkapkan bahwa kerjasama antara APSI Jawa Timur dengan FIK UTM nanti diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa bagi Calon Wisudwan dalam rangka memperoleh Surat Keterengan Pendamping Ijazah (SKPI) dan juga Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) bagi alumni Prodi Hukum Bisnis Syariah. “Setelah ini akan dibuka Diklat Profesi Advokat di FIK UTM” ujar Alumni Universitas Muhammadiyah Surabaya ini.

APSISelain kegiatan MoU, juga dilaksanakan kegian Seminar Peluang dan Tantangan Sarjana Hukum Bisnis Syariah dan Pelatihan Advokat Dasar dan Mediasi. Tampil sebagai Narasumber dalam seminar adalah Wakil Ketua Umum DPP APSI, Thalis Noor Cahyadi dan Hakim Tinggi PTA Surabaya, Drs Achmad M.HES. Dalam acara tersebut juga dilakukan proses pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) APSI Bangkalan oleh Ketua dan Sekretaris DPW APSI Jawa Timur.

About admin